Ternyata, Sayur Dapur Yang Kita Makan Sehari-hari Mampu Melawan Asam Urat


Sayuran Penurun Asam Urat
Foto : deherba.com
Pernah mengalami nyeri pada pergelangan kaki atau tangan? Jika pernah, berhati-hatilah, bisa saja nyeri yang anda alami gejala asam urat. Tapi, mudah-mudahan tidak, rasa linu tersebut bisa jadi sakit biasa yang dialami setiap orang. Meski begitu, anda tidak boleh menganggap enteng, sebab, asam urat dapat menyerang siapa saja tyanpa pemberitahuna sebelumnya.

Penyekit ini disebabkan meningkatnya kadar asam urat (uric acid) di dalam tubuh. Jika berlebihan dan damal waktu lama, asam urat akan mengkristal di sekitar sendi atau tulang. Jika dibiarkan, tukang dan sendi membengkak hingga menyebabkan kerusakan permanen. Tentu saja kondisi seperti itu membahayakan kesehatan yang berdampak buruk pada aktivitas.

Penyebab Asam Urat. asupan purine meningkat. Sebenarnya tidak bahaya, kalau purine berada pada posisi normal. Purine meningkat jika seseorang makan daging sapi atau jeroan berlebihan. Makanya disarankan, makanlah secukupnya dan hindari mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan purine . terutama, bagi penderita asam urat. Sebagai penyeimbang, penderita atau pasien disarankan mengonsumsi sayuran atau buah-buahan.

Sayuran yang baik untuk Asam Urat
Tidak semua sayuran baik untuk bagi penderita asam urat. Ada beberapa makanan jenis ini yang berbahaya bagi pasien asam urat.  Hindari kacang-kacangan, Jamur, Bayam, Kembang Kol dan asparagus, karena  sayuran tersebut bisa meningkatkan purine. Penderita, disarankan untuk mengkonsumsi sayuran dibawah ini :

Daun Seledri
Daun seledri mengandung Chlorine, Asam Lemak, Sulfur, Potassium, Asam Folat, Inositol, Esensial, Mangan, Seng, Selenium, Vitamin B1 dan Vitamin A yang mampu dan efektif menekan risiko asam urat. Daun seledri bisa diolah atau dimasak sup atau jus.

Tomat
Sayuran jenis buah ini mengandaung Karbohidrat, Zat Besi, Protein, Kalium, Fosfor, Serat dan beberapa vitamin. Kandungan yang ada di dalam tomat tersebut dipercaya membantu meluruhkan  asam urat yang sudah mengkristal. Tidak hanya itu, rutin mengkonsumsi tomat dapat mencegah peradangan sendi atau asam urat. Bisa dimakan langsung atau diolah menjadi jus, sup dan dicampur dengan makanan lain.

Timun
Timun, masuk salah satu sayuran yang dibolehkan dikonsumsi penderita asam urat, karena kandungan purinnya rendah. Sayuran ini juga memiliki efek diuretik, yang mampu merangsang ginjal untuk menghasilkan urine. Diuretik mampu mencegah terbentuknya batu ginjal. 

Brokoli
Salah satu keunggulan brokoli mampu menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Karena brokoli mengandung kromium dan potasium. Selain itu, sayuran ini juga mengandung vitamin C yang berdampak positif bagi penderita asam urat.

Wortel
Wortel dengan kandungan vitamin A-nya yang cukup tinggi, baik untuk penderita asam urat dan kolesterol. Sayuran berwarna jingga tersebut juga mengandung vitamin K, Folat,Mmagnesium dan serat, yang juga baik untuk mata. Wortel mampu mencegah peradangan sendi dan mengurangi rasa nyeri.  Sayuran ini dikonsumsi dengan cara dikukus, dibuat sup atau dijus.

Kentang
Zat anti radang atau potassium dan vitamin B6 yang dikandung kentang ,diketahui dapat mengurangi bengka dan nyeri  yang diakibatkan asam urat. Makanya, jangan heran kalau penderita atau pasien asam urat dianjurkan mengkonsumsi kentang. Selain itu, kentang yang dikenal rendah lemak, efektif menurunkan kolesterol.

Demikian, semoga artikel diatas bermanfaat 

Sumber : harvestsupplement.com

0 Response to "Ternyata, Sayur Dapur Yang Kita Makan Sehari-hari Mampu Melawan Asam Urat "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel