Semangka Menambah Vitalitas Lelaki dan Memberi Keturunan

Khasiat dan Manfaat Buah Semangka
foto : kepo.me
Sobat, tentunya suka dengan buah semangka. Selain rasanya manis, buah yang dagingnya berwarna merah tersebut, juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanya, rugi jika diantara sobat ada yang t5idak suka memakan buah ini.

Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang asalnya dari Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih kerabat labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka bisa dimakan langsung atau dibuat jus. Bijinya setelah dikeringkan dan disangrai juga bisa dimakan sebagai kuaci.

Tanaman ini merambat, namun tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak menjalar keatas. Daunnya berlekuk ditepinya. Bunga kuning, kecil (diameter 3cm). Semangka masuk andromonoecious monoklin, tanaman yang memiliki dua jenis bunga. Yakni, bunga jantan yang hanya memiliki benang sari (stamen) dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum).

Kulitnya keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda, dengan larik-larik hijau tua. Tergantung kultivarnya, daging buahnya berair berwarna merah atau kuning. Tahan terhadap kekeringan terutama jika masa pembentukan buah. Selain manis dan menyegarkan, buah Semangka juga menyimpan banyak nutrisi dan manfaat bagi tubuh. Mengandung vitamin A, C, B6, Potasium, Tiamin dan nutrisi lainnya.

Semangka rendah kalori dan bebas lemak, cocok untuk diet, mampu menangkal kanker dan meningkatkan libido. Inilah khasiat dan manfaat lain, semangka.

Mencegah Kanker dan Jantung
Semangka mengandung lycopene, senyawa antioksidan yang mampu melawan serangan jantung dan kanker prostat. Diperoleh informasi, semangka merah lebih bagus ketimbang semangka kuning. .

Menambah Kesuburan Pria
Percobaan dilakukan All India Institute of Sciencces New Delhi, terhadap 30 pria yang tidak subur usia antara 23-45 tahun. Mereka diberi 20 Mg lycopene dua kali sehari selama 3 bulan. Hasilnya, jumlah spermanya meningkat, pergerakan dan struktur sperma membaik. Dari 30 pria yang diteliti, 6 diantaranya berhasil menghamili istrinya.

Mempertahankan Fisik dan Mental Lansia
Lycopene dalam semangka mempertahankan fungsi mental dan fisik lansia. Lycopene yang masuk ke aliran darah akan menangkap radikal bebas dan sel tua dan juga memperbaiki sel rusak.

Mempercepat Penyembuhan
Selain lyopene, buah Semangka mengandung citrulline, asam amino yang baik untuk pembelahan sel dan penyembuhan luka. Citrulline biasanya, ada dibagian putih Semangka yang tidak dimakan.

Melawan Infeksi
Jumlah betakaroten yang sedikit, rentan terhadap infeksi penglihatan. Harapannya, perbanyaklah mengkonsumsi semangka.

Itulah manfaat buah Semangka yang apabila Anda konsumsi rutin akan berdampak positif bagi tubuh. Kandungan lycopene dalam semangka, cukup tinggi dan bisa menangkal penyakit berbahaya seperti  kanker dan jantung. Konsumsilah semangka secukupnya

Sumber : deherba.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel