Manfaat Asam Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Asam Jawa
foto : asamjawagunung.com
Asam atau asem, buah yang masam (Kecuh Bhs. Jawa) rasanya, biasa dipakai campuran bumbu dapur. Fungsinya, memberi rasa masam pada makanan atau masakan. Disebut Asam jawa, karena masakan Jawalah banyak menggunakan asam.

Asam jawa dihasilkan pohon yang bernama ilmiah Tamarindus indica, suku Fabaceae (Leguminosae). Nama Tamarindus dan tamarind dari bahasa Arab Tamrul Hindī. Artinya kurang lebih, kurma India. Asam jawa aslinya dari benua hitam, Afrika dan dibawa oleh orang India ke Indonesia.

Selain sebagai bumbu dapur, ternyata Asam Jawa juga berkhasiat dan bermanfaat bagi kesehatan/ Diantaranya :

Sumber Serat
Asam jawa memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang disebut Non Starch Polysaccharide (NSP) atau Polisakarida Non Pati, termasuk gum, Pectin, Tannin, Hemiselulosa dan Musilase. Kareananya, Asam membantu pencernaan, termasuk mempertahankan rasa kenyang lebih lama, Memperlancara pembuangan feses, Memaksimalkan penyerapan nutrisi, Menarik dan menyerap toksin dan endapan lemak dalam usus.

Kesehatan Jantung
Kandungan fitonutrient bekerja sebagai anti oksidan. Seperti, Polifenol, Limonene, Tartaric acid, Geraniol, Methyl salicylate, Pyrazine safrole, Cinnamic acid, Alkyl thiazoles dan anti oksidan lain. Polifenol, fungsinya menyerap lemak jahat dan kolesterol jahat yang mengendap didalam darah.
Selain kandungan fitonutrient yang memperlancar sirkulasi darah, juga potasium dan vitamin C yang membantu memperbaiki dinding pembuluh darah, memperbaiki komposisi darah dan menstimulasi aliran darah.

Mengatasi Anemia
Kandungan zat besi asam jawa bermanfaat mengatasi anemia. Sedang kKandungan magnesiumnya baik untuk mendorong sinergi antara fungsi otot, sel tubuh dan darah dalam menjalankan fungsi dan tugas masing-masing.

Memparbaiki Fungsi Syaraf
Ada sejumlah komponen dalam asam jawa yang memberi manfaat kesehatan syaraf seperti Magnesium, Vitamin B dan beberapa jenis fitonutrien seperti cinnamin acid dan alkyl-thiazoles.

Antibiotik Alami
Lupeol, cinnamic acid, salisilat dan kandungan lain didalam Asam Jawa, meningkatkan daya lawan tubuh terhadap bakteri, virus dan mikroba berbahaya lainnya. Selain itu asam askorbat atau vitamin C dan asam tartarin, efektif melawan inkubasi bakteri dan virus, mendorong sirkulasi darah menuju fungsi imun dan menstimulasi sel dalam sistem imun bekerja lebih efektif.

Mengurangi Berat Badan
Kandungan fiber dalam asam jawa memberi manfaat, menyerap endapan lemak dalam usus dan area perut. Asam jawa juga mengandung hidroxycitryc acid (HCA) yang bekerja menghambat enzim dalam hati dan membentuk cadangan lemak.

Artikel didapat dari berbagai sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel