Buah ini Tidak Disukai, Tapi Segudang Manfaatnya

Manfaat dan Khasiat Jambu Biji  
Foto : bugarfit.com
Jambu biji (Psidium Guajava L) merupakan tanaman perdu bercabang banyak. Tingginya mencapai 12 M, Ukuran buahnya bervariasi, mulai dari diameter 2.5 Cm sampai 10 Cm. Buahnya berdaging lunak, kulit tebal, rasanya manis dan berbiji.

Sejumlah daerah menyebut buah ini berbeda. Ada yang mengatakan Glima Breueh, Glimeu beru, Galiman, Masiambu, Biawas, Jambu Biawas, Jambu batu (Sumatera); Jambu klutuk, Krutuk, Bhender, Bayawas, Tetokal, Tokal (Jawa); Jambu klutuk (Sunda); Kojabas (Nusa Tenggara); Kayawese (Maluku) dan Fan shi liu gan (Cina).

Tak hanya sekeda makanan, Jambu biji juga memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Dibanding jeruk, kandungan vitamin C jambu biji, lebih banyak. Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung vitamin A. Bahkan kandungannya lebih banyak dari buah lemon. Kandungan lain Jambu biji kaya serat, terutama pektin, Mineral seperti mangan dan magnesium, serta asam amino esensial seperti Tryptophan, Fitokimia, Asam elagat, asam linoleat dan asam korbigen.

Manfaat dan Khasiat Jambu Biji
Manfaat serat pektin-nya menurunkan kolesterol, dengan cara mengikat kolesterol dan asam empedu serta membantu mengeluarkan dari dalam tubuh. Jambu biji juga bisa menurunkan kadar kolestreol total dan trigliserida darah serta tekanan darah penderita hipertensi.

Sedang Tanin, rasa sepat pada jambu bermanfaat memperlancar pencernaan dan sirkulasi darah. sementara Kalium yang terkandung didalamnya, berfungsi menstabilkan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke tubuh serta menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Manfaat lain, menghindari sakit jantung. Kalium jambu biji membantu detak jantung berdetak lebih teratur. Kandungan asam elagat, asam linoleat, asam korbigen. Serat buah ini mengikat lemak yang dapat menghindari terbentuknya plak, penyebab jantung koroner. Kalium-nya, menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Dalam jambu biji  terkandung likopen, zat karotenoid (pigmen penting dalam tanaman) fungsinya, melindungi serangan kanker. Kombinasi vitamin C dan betakaroten, serta Mangan dan Magnesium membuat buah ini kaya antioksidan. Asam amino esensial-nya berfungsi membangun sel pertahanan tubuh dan memperbaiki sel yang rusak. Juga dapat menyembuhkan flu, Radang tenggorokan dan Sesak napas.

Jambu biji baik untuk kesehatan kulit. Karena vitamin C-nya meningkatkan produksi kolagen di lapisan kulit. Juga membantu memperbaiki tekstur dan struktur kulit yang rusak.Sementara vitamin E yang bersifat antioksidan bekerja sama dengan vitamin C, menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidannya membantu mempertahankan struktur kulit akibat paparan sinar UV, dan kulit terhindar dari radikal bebas.

Zat astringet dalam jambu biji meningkatkan tekstur dan mengencangkan kulit Tidak hanya itu, kombinasi vitamin A, C dan kalium berperan sebagai antioksidan, yang membantu detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat serta bebas keriput. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, sebaiknya mengkonsumsi jambu dua biji setiap hari, baik dimakan langsung ataupun dibuat jus.
foto : buahaz.com
Manfaat dan Khasiat Lain Jambu Biji
Jambu biji mengandung antioksidan likopin yang melawan kanker, yaitu likopen. Mengkonsumsi likopen yang cukup dapat menurunkang resiko kanker prostat. Selanjutnya jambu dapat mengatasi Demam berdarah dengue (DBD).

Ternyata tak hanya buahnya, daun jambu biji juga bermanfaat untuk kesehatan. Sebeb, diketahui, daun jambu mengandung Tanin, Eugenol (Minyak Asiri), Minyak Lemak, Damar, Zat Samak, Triterpinoid, dan Asam Apfel. Juga mengandung enzim quercetin yang berfungsi menghambat terbentuknya enzim RNA dalam virus. 

Jadi, selain memperbaiki trombosit, daun buah ini juga bisa membunuh virus dengue, sekaligus menambah cairannya. Daun jambu biji ternyata juga untuk mengobati diare, mengatasi sakit maag, Menyembuhkan disentri, Astringen-nya menyusutkan jaringan tubuh. Mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena disentri. 

Daun jambu biji untuk mengobati luka, mengatasi Keputihan, Mengatasi Perut kembung pada anak, mengatasi Sakit kulit, Mmeringankan penyakit diabetes, Menurunkan glukosa, mengendalikan kadar gula darah penderita diabetes, Menghilangkan Beser (sering buang air kecil) Mengobati Sariawan, Mengatasi Luka berdarah atau borok di sekitar tulang serta dapat menyembuhkan ambeien

Demikian Manfaat  buah dan daun jambu biji, semoga berguna
Sumber : http://infomanfaat.com




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel