Manfaat Biji Semangka Atasi Diabetes dan Jantung

Manfaat Biji Semangka

foto : akurat.co
Semangka, tidak hanya bisa dimakan dagingnya, Kulitnyapun bisa dikonsumsi. Biji semangka bermanfaat untuk kesehatan, kalau dikonsumsi saat kering. Karenanya, sobat tidak dianjurkan makan biji semangka bersamaan dengan makan dagingnya.

Sisihkan bijinya dan dagingnya yang dimakan.
Kemudian, biji semangka yang sobat kumpulkan dijemur agar kering. Karena kalau kering, biji semangka mengandung banyak nutrisi. Seperti protein, vitamin B dan vitamin lain, magnesium, fosfor, zat besi, potasium, tembaga, mangan, dan zink. Selain itu biji semangka rendah kalori.

Lantas apa saja Manfaat dari Biki Semangka ?

Diabetes
Biji semangka membantu mengendalikan diabetes serta mencegah komplikasi. Asam amino yang terdapat dibiji semangka berfungsi melebarkan pembuluh darah, sehingga stres oksidatif berkurang. Kandungan magnesiumnya membantu mengatur metabolisme karbohidrat dan kadar gula darah.
Caranya, masukkan segenggam biji semangka ke dalam panci berisi 4 gelas air, kemudian panasi hingga mendidih. Setelah dingin, sobat bisa minum air rebusan biji semangka tersebut, seperti layaknya minum teh.

Kelelahan
Kalau sobat lelah, hendaklah makan segenggam biji semangka yang sudah dipanggang. Dipastikan rasa lelah akan hilang. Sebab, zat besi di dalam biji semangka, berperan penting pembentukan hemoglobin, sebagai pengantar oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, membantu tubuh mengubah kalori menjadi energi dan untuk kekebalan tubuh. Sedangh asam aminonya (L-citrullin)  membantu mengurangi rasa lelah.

Kesehatan Jantung
Mengkonsumsi biji semangka yang sudah matang, berfungsi menjaga kondisi jantung agar tetap stabil. Biji semangka kaya asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang membantu dan melindungi jantung dan serangan stroke. Lemaknya, menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Bukan hanya itu, kandungan potasiumnya membantu melawan penyakit jantung serta menjaga jantung  tetap sehat. Asam amino citrullin dan arginin biji semangka, menjaga fungsi arteri, aliran darah  dan kardiovaskular (Jantung dan pembuluh darah).

Tekanan Darah
Asam amino biji semangka yang salah satunya arginine, membantu mengendalikan tekanan darah, bahkan mengatasi  jantung koroner. Kandungan magnesiumnya juga membantu menstabilkan tekanan darah. Kekurangan magnesium, menyebabkan kadar potasium rendah.

Kesehatan Otot
Biji semangka juga mencegah nyeri otot setelah olahraga. Biji semangka mengandung L-citrulline, nutrisi penting untuk memperbaiki jaringan otot dan mempertahankan kepadatan otot. L-citrulline membantu merilekskan otot, meningkatkan performa anaerobik serta mengatasi nyeri otot. Magnesium biji semangka, menstimulasi penyerapan kalsium untuk mempertahankan kekuatan otot dan mencegah kram otot.

Mengurangi Lemak di Tubuh 
Biji semangka kaya senyawa citrulline, yang dimetabolisme menjadi asam amino esensial bernama argini. Arginin itulah yang membantu mengurangi lemak pada tubuh. Biji semangka rendah kalori sehingga cocok untuk menurunkan berat badan. Kesimpulannya, mengkonsumsi biji semangka yang sudah matang, mengendalikan berat badan Anda.
foto :  fitinyou.com
Meningkatkan Fungsi Otak 
Biji semangka, sumber folat atau asam folat dan vitamin B9. Folat menjaga fungsi otak. Ibu yang sedang hamil harus menjaga kestabilan folat, karena kekurangan folat memicu cacat saraf pada bayi yang dikandungnya. Asam lemak biji semangka, meningkatkan fungsi neurotransmitter dan kemampuan daya ingat serta kognitif. Potasium biji semangka membantu meningkatkan kemampuan berpikir sekaligus mengingat. Selain itu, antioksidannya melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Penglihatan 
Biji semangka bagus untuk kesehatan penglihatan dan mengurangi risiko degenerasi mata dini serta penyakit mata lainnya. Vitamin A dan C biji semangka baik untuk mata.Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang melindungi mata dari mata kering dan saraf optik serta glaukoma.

Kesehatan Rambut
Protein biji semangka, baik untuk rambut. Kandungan zat besi di dalamnya menguatkan dan mempercepat pertumbuhan rambut. Selain itu, mencegah rambut tipis, kering dan kusam. Bukan hanya itu,  kandungan tembaganya, membantu memproduksi melanin-sejenis pigmen pewarna rambut. Selain bijinya, minyak biji semangka menguatkan rambut dan mengatasi gatal di kulit kepala serta menyuburkan rambut.

Kulit Bersinar
Bji semangka juga menjaga kilau dan kecantikan kulit. Vitamin C biji semangka ebagai antioksidan  untuk melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas yang mempercepat penuaan. Vitamin C juga merangsang produksi kolagen, yang manjaga kelembutan dan kesehatan kulit.

Bukan hanya itu, asam lemak seperti asam oleat dan asam linoleum pada biji semangka, menjaga kelembapan kulit. Minyak biji semangka yang cocok untuk semua jenis kulit, dapat menyembuhkan infeksi kulit, dan mencegah kulit kering.

Cara Memanggang
Cuci biji semangka sampai bersih dan keringkan. Rendam dalam air semalaman. Tunggu sampai keluar tunas. Lepas kulit luar biji yang keras, lalu keringkan dengan oven atau jemur diterik matahari. Taruh dan sebarkan biji semangka di atas panci panggang. Percikkan sedikit minyak zaitun di atasnya dan taburi sedikit garam.

Pangganglah pada suhu 160 derajat C (325 derajat F) selama 15 – 20 menit. Setelahnya biarkan biji semangka dingin sebelum dikonsumsi. Sobat bisa menaburkan sedikit bubuk kayu manis atau campuran perasan lemon dan bubuk cabai, untuk menambah cita rasanya. Biji semangka panggang bisa disajikan bersama salad untuk menambahkan cita rasa renyah, atau campur biji semangka panggang ke dalam jus buah.

Kalau sobat tidak mau mengolah sendiri, bisamembeli biji semangka yang sudah dipanggang, tapi periksa dulu kandungan nutrisinya. Pastikan Anda membeli produk biji semangka yang organik dan tidak ditambahkan perasa, karena dapat menurunkan nilai gizinya.

Demikian, semoga bermanfaat

Sumber artikel, deherba.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel