Jangan Cukur Jenggotmu, Karena Bermanfaat Bagi Kesehatan Kulit


Manfaat Memelihara Jenggot

Meski di negara kita diramaikan soal teroris, sebaiknya anda tidak mencukur atau memotong jenggot dan brewok yang anda pelihara. Mengingat, selain wajah bertambah macho, jenggot juga bermanfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan kulit sekitar wajah.
Mau tahu apa saja manfaatnya. Inilah manfaat memelihara janggot atau brewok bagi kesehatan,

1. Mencegah Kanker Kulit
Hasil penelitian ilmuan dari University of Southern Queensland yang dipublikasikan di jurnal Radiation Protection Dosimetry menyebut, 90 hingga 95 persen paparan sinar UV (Ultra Violet) matahari yang mengarah ke wajah terhalang oleh jenggot plus brewok. Dampak positifnya, memperlambat penuaan dan menurunkan risiko kanker kulit.

Seperti diketahui, matahari memiliki kandungan ultraviolet yang berbahaya bagi kulit karena rentan terserang kanker kulit. Semakin tebal jenggot dan brewok yang dipelihara, semakin rendah terkena kanker kulit karrena terlindungi oleh bulu yang tumbuh diarea wajah. Menurut Dr. Nick Lowe, dermatologis ternama dari London, bulu atau rambut melindungi kulit dari sinar matahari.

2. Mengurangi Asma dan Gejala Alergi
Bulu diarea wajah, fungsinya membantu bulu hidung, memfilter atau menyaring debu yang hendak masuk ke tubuh melalui hidung. Sehingga anda terbebas dari flu dan penyakit serta alergi. Seperti diketahui, asma dan penyakit sejenisnya, pemicunya adalah debu.


3. Memperlambat Penuaan
Lelaki yang berjenggot atau berjambang, penampilannya lebih muda dari pria yang tidak bercambang, meski usianya sama. Dan lagi, jenggot dan brewok (Cambang) dapat menunda penuaan dan menstabilkan kelembaban kulit. Karena bulu yang tumbuh diarea wajah, bisa menangkal angin dan hawa dingin, penyebab kulit kering.

4. Mencegah Infeksi
Jenggot juga dapat mennghalangi bakteri, penyebab wajah menjadi berbintik-bintik. Menurut Dr. Martin Wade, konsultan dermatologis dari London Skin and Hair Clinic, lelaki berjenggot, hendaknya jangan memotong habis jenggotnya, agar kulitnya, tidak diserang bakteri merugikan.

5. Pelembap Alami
Jenggot atau brewok bisa menjaga kestabilan kelembaban kulit. Pria bercambang, biasanya kulitnya lebih sehat dari lelaki yang tidak bercambang. Dengan demikian, jenggot dan brewok berfungsi sebagai pelembab alami.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel